Cara Setting IP Address di Windows 10

Cara Setting IP Address di Windows 10
Setting IP Address di Windows 10

 
 
Pada tutorial kali ini kita akan melakukan Setting IP Address di Windows 10.
 

IP Address begitu penting sebagai alamat dari setiap host yang tergabung dalam jaringan/network.  IP Address (Internet Protocol Address) adalah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi untuk setiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Untuk melakukan setting, pergantian, atau perubahan IP Address pada sebuah komputer sangatlah mudah, karena sistem operasi windows sudah menyediakan fasilitas GUI (Graphical User Interface).

Disini kita akan memaparkan bagaimana caranya melakukan perubahan atau memberi setting ip address pada sebuah komputer. seperti yang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya, bahwa untuk memberikan IP address terdapat dua cara, yaitu static dan dynamic.

Berikut  langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk merubah, mengganti, atau pun memberi IP pada sebuah komputer yang berbasis Windows.

Langkah 1. Klik Start atau search di kolom pencarian - Control Panel. Lalu pada tampilan All control panel items pilih Network and Sharing Center.  


Cara Setting IP Address di Windows 10
Search control panel
 

 

Cara Setting IP Address di Windows 10
All Control Panel Items.

Langkah 2. Network and Sharing Centre. Lalu klik Change adapter settings dan pada Pada network adapter klik kanan lalu pilih Properties.

 

Cara Setting IP Address di Windows 10
Network and Sharing Centre. (Gambar. 3)

 

Cara Setting IP Address di Windows 10
Network Connections, Properties (Gambar. 4)

 

Langkah 3. Pada Ethernet Properties Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu Properties atau Klik 2X.

 

Cara Setting IP Address di Windows 10
Ethernet Properties. (Gambar. 5)

 

Langkah 4. Klik pilihan pada Use the following IP address dan masukan IP address sesuai kasus yang kita butuhkan (misalnya 192.168.2.100). 


Cara Setting IP Address di Windows 10
Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). (Gambar. 6)
 

Langkah 5. Subnet mask (biasanya untuk pengguna koneksi lokal adalah 255.255.255.0 Default gateway yang biasanya merupakan IP address yang digunakan pada router. (misalnya 192.168.2.1).


Langkah 6. Pada menu DNS server, klik opsi Use the following DNS server addresses dan masukan alamat Preferred DNS server, dimana biasanya merupakan IP address yang sama dengan Default gateway.


Langkah 7. Alternate DNS server dapat kamu isi sebagai opsi lain jika kamu tidak dapat terkoneksi dengan DNS server utama, contohnya bisa kamu masukan DNS google (8.8.8.8). Namun hal ini bersifat opsional (yakni bisa kamu isi, bisa juga tidak).


Langkah 8. Klik OK untuk menyimpan perubahan.


Jika sudah selesai, maka kamu bisa langsung membuka web browser untuk mencoba apakah konfigurasi berjalan atau tidak. 

 

 
Baca Juga :
 
  1. Cara Membuat Password File Microsoft Excel 2016
  2. Cara Install FortiClient VPN dan Configurasi IPSec VPN di Windows 10 
  3. Cara Export File Microsoft Word ke PDF Dengan Microsoft Word 2016 

 

Itulah cara singkat setting IP Address pada windows 10. Selamat mencoba semoga bermanfaat bagi teman-teman dan sampai jumpa lagi pada artikel tutorial selanjutnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post