Helikopter Cerdas NASA Mendarat di Mars untuk Merekam Suara

 

Helikopter Cerdas NASA Mendarat di Mars untuk Merekam Suara

Pesawat penjelajah Perseverance NASA untuk pertama kalinya menangkap desingan suara pelan dari bilah helikopter Ingenuity saat terbang melalui atmosfer planet Mars. 

Badan antariksa pada hari Jumat merilis rekaman baru yang diambil oleh robot roda enam dari pendamping helikopter yang melakukan penerbangan keempat pada 30 April - kali ini disertai dengan trek audio. 

 

Video berdurasi hampir tiga menit itu dimulai dengan gemuruh rendah angin bertiup melintasi Kawah Jezero, tempat Perseverance mendarat pada Februari dalam misi mencari tanda-tanda mikroba purba.

Kecerdikan lepas landas, dan bilahnya dapat terdengar bersenandung lembut saat berputar pada hampir 2.400 rpm dalam perjalanan pulang pergi 872 kaki (262 meter).

Insinyur misi tidak yakin mereka akan menangkap suara penerbangan sama sekali, mengingat bahwa Perseverance diparkir 262 kaki (80 meter) dari tempat lepas landas dan pendaratan.

Atmosfer Mars kira-kira satu persen kepadatan planet kita, membuat segalanya jauh lebih senyap daripada di Bumi.

"Ini kejutan yang sangat bagus," kata David Mimoun, profesor ilmu planet di Institut Superieur de l'Aeronautique et de l'Espace (ISAE-SUPAERO) di Toulouse, Prancis, dan pimpinan sains untuk mikrofon SuperCam Mars.

"Kami telah melakukan tes dan simulasi yang memberi tahu kami bahwa mikrofon hampir tidak dapat menangkap suara helikopter, karena atmosfer Mars sangat meredam perambatan suara," tambahnya.

SuperCam adalah instrumen di atas kapal Ketekunan yang laser-zaps batu dari kejauhan, untuk mempelajari uapnya dengan alat yang disebut spektrometer yang mengungkapkan komposisi kimianya.

Itu juga dilengkapi dengan mikrofon untuk merekam suara, yang menghasilkan wawasan tambahan tentang sifat fisik target, seperti seberapa keras mereka.

Senada, jelas Mimoun, rekaman baru penerbangan Ingenuity "akan menjadi tambang emas bagi pemahaman kita tentang atmosfer Mars".

Selain memiliki volume yang lebih rendah, suara yang dipancarkan di Mars bergerak lebih lambat daripada di Bumi, karena suhu yang dingin, yang rata-rata -81 derajat Fahrenheit (-63 derajat Celcius) di permukaan.

Oleh karena itu, kecepatan suara di planet ini sekitar 540 mph (kira-kira 240 meter per detik), dibandingkan dengan sekitar 760 mph (kira-kira 340 meter per detik) di sini.

Baca Juga : Juru Bicara WhatsApp Mengatakan Tidak ada Akun Yang Akan Dihapus pada 15 Mei


Atmosfer Mars, yang terdiri dari 96 persen karbon dioksida, cenderung menyerap suara bernada tinggi, jadi hanya suara bernada rendah yang bisa menempuh jarak jauh.

Post a Comment

Previous Post Next Post