Waspadai Resiko Menggunakan Aplikasi VPN.

Waspadai Resiko Menggunakan Aplikasi VPN.
Resiko Menggunakan Aplikasi VPN

Pemblokiran situs-situs dewasa atau video streaming dan media sosial oleh pemerintah di setiap negera nya memang sangat di perlukan supaya tidak terjadi hal - hal yang menyimpang dari konteks nya. Tetapi ada beberapa cara dan bisa mensiasati situs - situs tersebut supaya bisa di akses yaitu dengan menggunakan aplikasi VPN. Namun, Anda juga harus waspad akan resiko menggunakn Aplikasi VPN tersebut.

Baca Juga: Cara Install FortiClient VPN  dan Configurasi IPSec VPN di Windows 10

Aplikasi  VPN merupakan cara cepat untuk bisa mendapatkan akses ke berbagai situs internet yang diblokir.  Meskipun VPN bisa digunakan untuk akses pemblokiran situs, namun ada berbagai resiko yang berbahaya atau buruk yang bisa ditimbulkan nya, dan masih banyak dari kita yang belum mengetahui terhadap bahaya menggunakan aplikasi tambahan tersebut.


Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan Aplikasi VPN, sebaik nya pahami dulu resiko bahaya yang akn timbul pada penrangkat hp atau komputer yang kita gunakan.


Resiko Menggunakan Aplikasi VPN.

  1. Pencurian Data Pribadi.
    Aplikasi VPN bisa mengakses data pribadi yang ada di device kita gunakan seperti Foto dan file lain nya. Dan ini sangat beresiko karena data-data pribadi kita bisa dijual, dibajak, atau dimanfaatkan untuk kejahatan.
  2. Penipuan.
    Sehubungan dengan data-data pribadi kita yg terekan dengan aplikasi VPN, dengan resiko data-data tersebut kemudian bisa dimanfaatkan termasuk untuk melakukan penipuan. Karena di dalam ponsel dan komputer terdapat data pribadi seperti alamat email, nomor ponsel yang ada di kontak, hingga data penting lainnya.
  3. Pembajakan.
    Saat terhubung dengan Aplikasi VPN, maka jalur lalu lintas internet yang kita gunakan sangat kurang aman dan kesempatan itu sangat mudah dimanfaatkan oleh berbagai pihak. Dengan risikonya adalah data transaksi, data media sosial, dan data marketplace lain nya yang sering kita gunakan untuk transaksi.
  4. Serangan Malware.
    Malware merupakan virus yang berbahaya yang dapat menghilangkan semua data yang ada di komputer yang kita gunakan. Saat menggunakan VPN resiko serangan malware pun semakin tinggi karena melemahnya sistem keamanan internet yang kita gunakan.
  5. Penurunan Koneksi Internet.
    Koneksi VPN bekerja dengan cara menambah jalur lalu lintas data baru agar bisa mengakses berbagai situs yang telah diblokir. Semakin banyak jalur lalu lintas data yang dibuka, maka akan semakin lambat akses internet untuk mengakses situs-situs yang akan kita akses.
  6. Penyadapan Data Perbankan.
    Lemahnya sistem keamanan saat menggunakan VPN membuat data-data pribadimu sangat rentan dicuri dan disalahgunakan, termasuk juga data perbankan sperti pin, no kartu kredit dan lainnya.


Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SSD
 

emi keamanan dan mengurangi resiko gunakan kan Aplikasi VPN yang berbayar dan sudah terjamin keamanan nya. 

Temukan juga artikel lain nya tentang Windows, Tutorial, Tips serta artikel lain nya di Log IT Kaleng.

Post a Comment

Previous Post Next Post