Cara Membagi dan Membuat Partisi Hardisk di Windows 10

 

Cara Membagi dan Membuat Partisi Hardisk di Windows 10
Membagi dan Membuat Partisi Hardisk di Windows 10

Pada komputer yang kita gunakan ada tempat penyimpanan hardisk yang mana hardisk tersebut bisa di bagi dalam partisi supaya memudahkan kita untuk penyimpanan dokumen dan system operasi nya, yang biasa nya di bagi antara localdisk C, D, E dan lain nya.

Jika kita ingin mengubah ukuran partisi atau membagi hard drive besar menjadi beberapa drive yang lebih kecil, berikut cara melakukannya di Windows.

Kami menggunakan Windows 10 di sini, tetapi langkah-langkahnya juga berlaku untuk versi yang lebih lama.

Baca Juga: Apa itu Waktu Aktif Disk dan bagaimana cara menguranginya?

 

Bagaimana cara membuat partisi? 

Untuk melakukannya, klik kanan pada PC ini di File Explorer dan klik Manage. Kemudian pilih Disk Management dari panel kiri layar Manajemen Komputer.


Pastikan Drive mana yang akan kita partisi setidaknya ada ruang kosong di drive karena kita tidak dapat mengecilkan partisi yang ada jika drive penuh.

Sekarang, klik kanan pada partisi dan pilih Shrink Volume


 

Masukkan ukuran untuk memperkecil partisi (yaitu ukuran yang kita inginkan untuk partisi baru nya) dan klik Shrink.


 

Kita sekarang akan melihat beberapa ruang yang tidak terisi pada hard drive. Klik kanan di ruang kosong dan pilih New Simple Volume.


Selanjutnya klik Next untuk melanjutkan saat ada tampilan New Simple Volume Wizard. Lalu klik Next lagi saat ada tampilan Specify Volume Size, Klik Assign The following drive letter lalu pilih drive yang akan digunakan untuk partisi baru tersebut.

Pastikan memilih NTFS pada File System dan isikan nama partisi baru sesuai yang kita inginkan contohnya Document dan klik Next.

Klik Finish. Maka partisi baru sudah berada di drive D dengan nama Document.

 

Baca Juga :
  1. Cara Menghapus Temporary Files di Windows 10
  2. Cara Melihat Serial Number Hardisk dengan Command Prompt
 
Demikian penjelasan tentang Cara Membagi dan Membuat Partisi Hardisk di Windows 10. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi teman-teman sampai jumpa pada artikel tutorial selanjutnya. 
 
NB: Agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, tips setiap hari. follow Twitter Log IT Kaleng.

Post a Comment

Previous Post Next Post