Cara Mengembalikan File yang Dihapus Dari Google Drive

Cara Mengembalikan File yang Dihapus Dari Google Drive

Google Drive menyimpan dan mengatur konten kita di cloud dan bisa di akses kapan saja. Jika pengguna tidak sengaja atau dengan sengaja menghapus file apa pun dari Google Drive, ada metode untuk memulihkannya dari folder trash (sampah). File akan tetap berada di folder sampah selama 30 hari dan jika sudah melewati 30 hari file tersebut akan terhapus secara otomatis. Jika kita menghapus file bersama dari Google Drive, orang lain dapat melihatnya sampai Anda menghapus file tersebut secara permanen. Setelah file keluar dari sampah, tidak ada cara untuk memulihkannya lagi.

Bagi mereka yang belum mengetahui, Google menawarkan penyimpanan 15GB gratis di cloud, setelah itu pengguna perlu membeli penyimpanan berbayar melalui paket Google One. Paket Dasar menawarkan penyimpanan cloud 100GB Paket langganan mulai dari Rp 26.900 / bulan. Ada juga paket Standar yang menawarkan penyimpanan 200GB seharga Rp 43.000 / bulan dan paket Premium menawarkan penyimpanan cloud 2TB seharga Rp 135.000 / bulan. Keanggotaan Google One ini juga mendukung berbagi dengan keluarga.


Bagaimana memulihkan file yang dihapus dari Google Drive

Kita sebagai pengguna dapat memulihkan kembali file di Google Drive menggunakan ponsel Android, iPhone, iPad, atau browser desktop yang sudah terhapus dan tidak lewat batas dari 30 hari. Langkah-langkah untuk ketiga platform kurang lebih serupa. Seperti disebutkan, file yang dihapus disimpan di folder sampah selama sebulan sebelum dihapus secara permanen. Jika kita berubah pikiran tentang menghapus file tertentu kita dapat mengembalikannya dengan mudah dari sampah dalam waktu 30 hari di hitung dari kita setelah menghapusnya. Juga, perlu dicatat bahwa kita hanya dapat memulihkan file jika kita sebagai pemilik file tersebut.

Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk memulihkan file yang dihapus dari Google Drive.

  1. Buka aplikasi Google Drive di ponsel, klik Trash.
  2. Di browser komputer, buka drive.google.com/drive/trash.
  3. Anda dapat mengurutkan file yang dibuang berdasarkan tanggal sampah untuk menemukan file terlama atau terbaru yang dibuang.
    Klik ikon tiga titik di bawah file yang ingin Anda pulihkan atau klik kanan file yang ingin Anda pulihkan.
  4. Klik Restore.
  5. File yang di hapus sudah dikembalikan ke dalam folder yang sebelum nya di hapus.
Baca Juga :
  1. Cara Membuat Google Form dengan Mudah
  2. Cara Membuat Akun Google
  3. Cara Mematikan Aktivitas Pelacakan Dari Google Anda
  4. Cara Membuat Folder di Google Documents
 
Demikian penjelasan tentang Cara Mengembalikan File yang Dihapus Dari Google Drive. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi teman-teman sampai jumpa pada artikel tutorial selanjutnya. 
 
NB: Agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, tips setiap hari. follow Twitter Log IT Kaleng.

Post a Comment

Previous Post Next Post