Cara Mengatur Security Advisor Pada Synology Synology

 

Cara Mengatur Security Advisor Pada Synology Synology

Ancaman keamanan adalah risiko yang berpotensi membahayakan sistem komputer dan organisasi. Penyebabnya bisa fisik, seperti seseorang mencuri komputer yang berisi data penting. Penyebabnya bisa juga non fisik, seperti serangan virus.

Mengapa Anda harus melindungi NAS Anda?

  •      Lindungi milik Anda, pengguna Anda, atau informasi rahasia klien Anda
  •      Tingkatkan keamanan untuk mencegah kehilangan data


Baca Juga: Tips Keamanan Untuk Menjaga Data Tetap Aman Pada Synology

Protect informasi Login Anda

Gunakan kata sandi yang kuat

Kami menyarankan Anda menggunakan kata sandi yang kuat dengan campuran huruf, angka, dan karakter khusus. Menggunakan kata sandi umum adalah undangan bagi peretas. Jika sebuah akun disusupi, peretas dapat dengan mudah mengendalikan akun Anda yang lain.

Untuk mengubah kata sandi Anda, buka Options > Personal > Password, dan klik Ubah Kata Sandi.

Untuk menyiapkan pengaturan yang terkait dengan keamanan kata sandi dan aturan kekuatan bagi pengguna untuk NAS Anda, lihat artikel bantuan masing-masing untuk DSM 7.0 dan DSM 6.2.

Aktifkan verifikasi 2 langkah

Aktifkan verifikasi 2 langkah untuk meningkatkan keamanan akun DSM Anda. Saat verifikasi 2 langkah diaktifkan, Anda harus memasukkan sandi selain kode verifikasi satu kali saat masuk ke DSM. Kode verifikasi diperoleh dari aplikasi autentikator yang diinstal pada perangkat seluler Anda. Oleh karena itu, jika seseorang ingin mengakses akun Anda, mereka tidak hanya memerlukan nama pengguna dan kata sandi Anda, tetapi juga perangkat seluler Anda.

Untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah untuk Anda dan pengguna Anda, kunjungi artikel ini untuk mendapatkan petunjuk.

Nonaktifkan akun admin

Secara default, NAS akan memiliki akun administrator. Karena admin adalah nama pengguna yang umum1, seorang peretas hanya perlu menebak kata sandi Anda untuk membobol akun Anda. Menonaktifkan akun admin default dan membuat yang baru dengan nama pengguna yang kreatif atau spesifik memberi peretas lebih banyak pekerjaan untuk membobol akun Anda.

Untuk menonaktifkan akun admin, masuk dengan akun administrator lain dan buka Control Panel > Users & Group. Pilih admin dan klik Edit, lalu Disable this account.

Protect perangkat Anda

Pastikan NAS diperbarui secara rutin

Untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas sistem, Synology menawarkan pembaruan DSM ketika fitur baru atau peningkatan keamanan tersedia atau ketika bug diperbaiki.

Untuk mengatur pembaruan otomatis untuk DSM, lihat artikel bantuan masing-masing untuk DSM 7.0 dan DSM 6.2.

Aktifkan notifikasi

Anda juga dapat mengatur NAS Synology Anda untuk mengirim pemberitahuan ketika peristiwa atau kesalahan tertentu terjadi, memberi tahu Anda melalui email, SMS, perangkat seluler, atau browser web. Misalnya, sistem dapat secara otomatis mengirim pemberitahuan ketika koneksi jaringan terputus atau terjadi kegagalan daya. Mengaktifkan notifikasi memungkinkan Anda segera mengetahui jika ada yang salah dengan NAS Anda dan dapat mencegah Anda agar NAS Anda tidak disusupi.

Untuk mengaktifkan notifikasi, lihat artikel bantuan masing-masing untuk DSM 7.0 dan DSM 6.2 dan pilih metode notifikasi pilihan Anda.

Jalankan Penasihat Keamanan

Security Advisor adalah aplikasi keamanan pra-instal yang memindai pengaturan DSM dan NAS Anda. Penasihat Keamanan akan memindai area DSM dan NAS Anda berikut ini, memeriksa pengaturan Anda, dan merekomendasikan perubahan yang membantu menjaga keamanan NAS Synology Anda.

  •     Perangkat lunak perusak
  •     Sistem
  •     Akun
  •     Jaringan
  •     Memperbarui


Untuk informasi lebih lanjut tentang Penasihat Keamanan, lihat artikel bantuan masing-masing untuk DSM 7.0 dan DSM 6.2.

Protect dari akses yang tidak diinginkan

Aktifkan Blokir Otomatis

Fitur blokir otomatis membantu meningkatkan keamanan NAS Synology Anda dengan memblokir alamat IP klien dengan terlalu banyak upaya login yang gagal. Ini membantu mengurangi risiko akun dibobol menggunakan serangan brute force.

Untuk mempelajari cara mengaktifkan blokir otomatis dan menambahkan alamat IP ke Daftar Perbolehkan Anda, lihat artikel bantuan masing-masing untuk DSM 7.0 dan DSM 6.2.

Aktifkan Perlindungan Akun

Perlindungan Akun melindungi akun NAS Synology Anda dari klien tidak tepercaya yang memiliki terlalu banyak upaya login yang gagal. Ini membantu meminimalkan risiko serangan brute force pada akun Anda.

Untuk mempelajari cara mengaktifkan perlindungan akun, lihat artikel bantuan terkait untuk DSM 7.0 dan DSM 6.2.

Aktifkan HTTPS

Sertifikat dapat digunakan untuk mengamankan layanan SSL dari Synology NAS, seperti web (semua layanan HTTPS), email, atau FTP. Memiliki sertifikat memungkinkan pengguna untuk memvalidasi identitas server dan administrator sebelum mengirim informasi rahasia apa pun.

Synology menawarkan sertifikat SSL/TLS gratis dan aman dari Let's Encrypt. Untuk mempelajari cara mendapatkan sertifikat Let's Encrypt di NAS Synology Anda, lihat artikel ini.

Aktifkan Firewall

Seperti halnya PC, NAS juga memiliki firewall. Mengaktifkan firewall, membuat aturan firewall, dan mengonfigurasi pengaturan firewall dapat mencegah login yang tidak sah dan mengontrol akses layanan. Anda dapat memutuskan apakah akan mengizinkan atau menolak akses ke port jaringan tertentu dengan alamat IP tertentu.

Baca Juga :
  1. Cara Update DSM Version: 7.0 Synology Terbaru
  2. Security Advisor NAS Synology
 
Demikian penjelasan tentang Cara Mengatur Security Advisor Pada Synology Synology. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi teman-teman sampai jumpa pada artikel tutorial selanjutnya.
 
NB: Agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, tips setiap hari. follow Twitter Log IT Kaleng.

Post a Comment

Previous Post Next Post